Cara Memilih Pakaian di Toko Online

Photo by Alyssa Strohmann on Unsplash

Membeli baju saat belanja online tidak selalu mudah untuk dilakukan. Salah satu hal yang sering membuat kita bingung saat belanja baju secara online adalah menentukan ukuran baju yang tepat. Nah, ada beberapa tips memilih ukuran baju saat belanja online yang perlu diperhatikan. Hal ini penting, sebab salah dalam memilih ukuran, baju yang kita beli bisa kebesaran atau bahkan kekecilan, sehingga tidak nyaman untuk dipakai.

Kini, belanja online semakin banyak diminati karena ada banyak barang yang bisa ditemukan dengan lebih mudah di toko online, termasuk berbagai baju yang kita butuhkan. Kita tidak akan kesulitan untuk mengunjungi berbagai marketplace populer dan menemukan banyak penawaran dalam waktu yang cepat. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, sistem belanja online memang dianggap jauh lebih menyenangkan dan menguntungkan. 

Ukur Tubuh Sendiri dengan Tepat Tips memilih ukuran baju saat belanja online pertama yang bisa dilakukan adalah mengetahui ukuran tubuh sendiri. Eigerian bisa mengukur pinggang, lebar bahu, lingkar dada, dan lainnya. Supaya lebih akurat, ukur tubuh dengan pita meteran jahit, ya! Lalu setelah selesai, jangan lupa untuk mencatat ukuran tersebut. 2. Cermati Size Chart Baju yang Ditawarkan di Toko Online Pada umumnya, orang-orang mengenal ukuran baju berdasarkan kode huruf berupa S, M, L, XL, dan seterusnya. Kode huruf ini adalah singkatan dari kata Bahasa Inggris, misalnya S untuk mewakili ukuran Small. M untuk ukuran Medium, L yang berarti Large, XL yang berarti Extra Large, dan XXL yang berarti Double Extra Large. Tapi perlu diperhatikan bahwa setiap brand pakaian biasanya punya detail ukuran yang berbeda. Contohnya, ukuran baju L brand A punya lingkar dada 100 cm, sementara ukuran baju L di brand B memiliki lingkar dada 110 cm. Bahkan, di dalam satu brand, ukuran baju L itu bisa berbeda, tergantung model baju yang dijual. Jadi, selain mengukur ukuran tubuh dengan tepat, sangat disarankan juga untuk mencermati size chart baju yang akan dibeli agar tidak salah pilih ukuran. 3. Jangan Memilih Ukuran Baju Berdasarkan Berat Badan Tidak hanya berat badan, ukuran tubuh kita bisa dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk tinggi badan. Misalnya, dua orang yang memiliki berat badan sama 55 kg tapi dengan tinggi yang berbeda bisa memiliki ukuran baju yang berbeda pula. Orang pertama yang memiliki tinggi badan 165, mungkin akan lebih cocok jika memakai baju berukuran M. Sementara orang yang memiliki tinggi 155, akan lebih cocok jika memakai baju berukuran L. 4. Lihat Contoh Baju yang Dipakai Model Kalau tidak mau salah dalam membeli baju, Eigerian bisa melihat contoh perkiraan ukuran baju dari apa yang dikenakan oleh model. Eigerian juga boleh kok, bertanya mengenai detail yang digunakan oleh model supaya tidak keliru. Apakah akan cocok Eigerian gunakan, apakah akan lebih panjang untukmu dan sebagainya bisa dilihat dengan apa yang dikenakan model. 5. Perhatikan Material Baju Saat berbelanja online, kita biasanya akan menemukan banyak toko yang mencantumkan material baju yang dijual secara spesifik. Nah, hal ini juga perlu menjadi perhatian, karena beberapa bahan baju bisa saja menyusut setelah dicuci. Jika membeli baju dengan material seperti ini, maka Eigerian bisa mempertimbangkan membeli ukuran baju satu tingkat di atas ukuran baju biasanya.